Jumat, 09 September 2016

RPP.KLS VII TEKS DESKRIPSI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP  No. 1)


Sekolah                                   : SMP NEGERI 1 CUGENANG  
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Alokasi waktu                         : 1  x pertemuan(2 JP)
Kelas/Semester                        : VII/1
                 Materi Pokok                          : Belajar Mendeskripsikan

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah dan sesudah proses pembelajaran, peserta didik dapat :
1.                             menentukan ciri isi dan tujuan teks deskripsi yang dibaca/didengar
2.                            Mengidentifikasi ciri objek dan tujuan teks deskripsi yang dibaca dan didengar

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
B.1. Kompetensi Dasar
3.1  Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek   (sekolah, tempat
      wisata, tempat  bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)   yang didengar
     dan dibaca
     4.1 Menentukan  isi teks deskripsi  objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas
            seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.

B.2 . Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Menentukan ciri  isi dan tujuan  teks deskripsi yang dibaca/didengar
3.1.2 Mengidentifikasi  ciri objek teks deskripsi yang dibaca dan didengar
3.1.3 Mengidentifikasi  tujuan dan isi teks deskripsi yang dibaca dan didengar

4.1.1 Mengklasifikasikan jenis teks deskripsi yang dibaca dan di dengar

C.  MATERI PEMBELAJARAN
ciri teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang
dideskripsikan

Ciri Tujuan
• Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci
objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang
penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara
rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/
perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar,
mengalami apa yang dideskripsikan.
8 Kelas VII SMP/MTs

Ciri Objek yang dideskripsikan
• Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek
tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang
dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada
judul berisi objek pada konteks tertentu (Si Bagas Kucingku, Ibuku
Kebanggaanku). Hal yang dibicarakan khusus kucing bernama Bagas
yang kemungkinan memiliki sifat berbeda dengan kucing-kucing yang
lain. Demikian juga Ibu yang dideskripsikan memiliki tanggapan khusus
sesuai dengan pendapat penulis tentang ibu yang bisa jadi berbeda
dengan ibu pada umumnya)

Ciri Isi
• Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek
• Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan
wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa,
menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa).
Dengan demikian, teks deskripsi banyak menggunakan kata khusus
(warna dikhususkan pada kata hijau, biru toska, oranye)
• Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga
menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur,
kemolekan pantai, ibuku yang tangguh)

D.  METODE PEMBELAJARAN
1.      Tanya jawab
2.      Diskusi
3.      Penugasan
      Pendekatan discovery learning

E.   MEDIA
1.      Media/alat
a.       Tayangan gambar tentang lingkungan sekolah,objek wisata, pementasan seni.
b.       Laptop
c.        Slide Proyektor
d.      Gambar
e.       Infokus
f.       Power Point
2.      Bahan
Teks Deskripsi tiga judul sebanyak 10 lembar.

F.      SUMBER BELAJAR
Harsiti, Titik.2016. Bahasa Indonesia Kelas VII (Buku Siswa). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. .

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery Learning
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi
Pemusatan Perhatian :
Ø Guru meminta  ketua kelas untuk memimpin doa sebelum kegiatan pembelajaran di mulai.
Ø Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
Ø Guru mengajukan pertanyaan  gambar yang ditayangkan tentang teks deskripsi
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 

10 menit
Kegiatan Inti
Stimulus/Pemberian rangsangan


Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukkan gambar pemandangan yang ada kaitannya dengan teks deskripsi. Peserta didik mengomentari tentang gambar pemandangan yang berhubungan dengan teks deskripsi
90 menit


Identifikasi masalah



-Guru menayangkan gambar pemandangan.
-Peserta didik  mengemukakan objek yang dilihatnya dari gambar pemandangan tersebut.
-Peserta didik menjelaskan ciri-ciri teks deskripsi yang ada kaitannya dengan gambar yang ditayangkan
Pengumpulan data

-Peserta didik menuliskan tiga objek yang dilihat dari gambar yang ditayangkan
-Pesertan didik  mengemukakan isi dari gambar yang dilihatnya

Pengolahan  data




-Peserta didik membuat 3 buah kalimat dari objek dilihatnya.
- Peserta  didik  mendeskripsikan gambar pemandangan ke dalam satu paragraf

Pembuktian



Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Guru memberikan penguatan

Menarik kesimpulan
Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan tentang  teks deskripsi
Penutup

Ø  Guru mereview proses pembelajaran dan konsep-konsep yang belum dipahami oleh  siswa
Ø  Guru memberikan penghargaan  (Misalnya pujian atau bentuk penghargaann lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
Ø  Pemberian tugas  membuat laporan tentang teks deskripsi

20 menit


H.    PENILAIAN
1.   Pengetahuan
b.      Teknik Penilaian    : Tes Tulis
c.       Bentuk                  : Uraian
d.      Instrumen              : Soal

Petunjuk: Amati dan bacalah teks di bawah ini!
Pesona Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat.  Pantai Senggigi sangat indah. Pantai  Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang.  Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi.
Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang  di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari  kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya benar-benar seperti  lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.
Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. Terumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau. Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah. Ikan beraneka warna menambah keindahan bawah laut Senggigi.  Dengan snorkeling maupun menyelam anda dapat menyaksikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Anda akan menyaksikan betapa mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah keindahan  taman laut di Senggigi. Selain pemandangan bawah laut,  terdapat juga pemandangan indah di Pura Batu Bolong. Pada arah selatan bibir pantai Senggigi,  terdapat pura kecil yang bernama Batu Bolong.Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya. Sungguh sebuah keagungan pura di tengah keindahan Senggigi. Berkunjung ke pura ini, Anda langsung disambut buih-buih ombak yang tenang dan bersahabat. Seketika kedamaian dan kenyamanan seperti merangkul saat berada di area sekitar Pura Batu Bolong. Memasuki pura yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali ini, Anda harus berjalan menuruni anak tangga. Pura pertama yang dijumpai berdiri di bawah pohon rindang. Sementara, pura kedua berdiri kokoh di atas karang yang menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya. Jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Agung Bali yang menjulang tinggi. Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa melihat para pemancing tradisional sedang mencari ikan dengan cara menceburkan diri ke dalam laut.
Selain itu, melewati senja sambil memandang matahari terbenam di pura ini juga menjadi saat-saat paling menyenangkan. Keindahan semburat merah sang mentari menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Wisata pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan. Sungguh pemandangan yang menakjubkan.

1.                                                                                                      Tentukanlah 3 ciri isi dan tujuan teks deskripsi!
2.                                                                                                      Identifikasilah ciri objek teks deskripsi yang dibaca!
3.                                                                                                      . Tuliskan tujuan teks deskripsi yang dibaca!



Rubrik penilaian
No.
Aspek
Deskriptor
Skor
1
Tentukan 3 ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks
·      Dapat menentukan 3 ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan
·      Dapat menentukan 2 ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan
·      Dapat menentukan 1ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan

3


2


1



2
Identifikasikan ciri objek teks deskripsi yang kamu baca

·      Dapat menentukan ciri objek teks deskripsi disertai bukti yang kuat. 
·      Dapat menentukan ciri objek teks deskripsi kurang disertai bukti yang kuat.
·      Dapat menentukan ciri objek teks deskripsi tidak disertai bukti yang kuat.
3

2


1





3.                                                                                             Keterampilan
Teknik
Kinerja
Rubrik Penilaian
1
2
3
4

1.
Klasifikasikan jenis teks deskripsi yang dibaca /didengar
  •  Mengklasifikasikan jenis teks deskripsi dengan tept
  3

  • Mengklasifikasikan jenis teks deskripsi kurang tepat
2

  • Mengklasifikasikan jenis teks deskripsi tidak tepat
1







    Pedoman penilaian kompetensi keterampilan
    Skor                    = jumlah perolehan angka keseluruhan
    Nilai                    = skor yang diperoleh x  4
                                                                     6

1.         Remedial 
  Peserta didik yang tidak mencapai nilai KKM  akan diremedial dengan terlebih dahulu dibimbing. Jika ketuntasan belajar peserta didik kurang dari 70 persen akan dilakukan pengajaran remedial sebelum diadakan penilaian harian.

2.         Pengayaan
   Secara mendiri peserta didik mencari dan membaca  teks deskripsi yang lain.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar